Sunday, July 11, 2010

Tutorial Report Dengan Dataset VB.NET

Report adalah hasil akhir dari sebuah sistem/aplikasi. Dengan report maka hasil keluaran dari sistem dapat dilihat dalam bentuk yang nyata.

Dengan menggunakan crystal report dan Visual Studio, kita dapat membuat report yang sesuai dengan harapan kita. Umumnya, saat membuat report, maka kita akan diminta untuk mendefinisikan field-field apa saja yang akan ditampilkan pada report tersebut.

Hal itu akan sedikit bertambah rumit jika kita menggunakan parameter dalam pembuatan report itu tadi. Misalnya kita ingin menampilkan data dari tanggal terentu sampai tanggal tertentu, atau report untuk jenis barang dengan kriteria tertentu. Dengan menggunakan cara lama, kita bisa menambahkan parameter untuk nilai ini, sehingga saat query untuk report di lakukan, nilai dari parameter ini akan digunakan.

Nah,, bagi yang kurang suka dengan cara di atas, DataSet dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan ini.

Dengan dataset kita dapat mengatur sendiri query yang akan dijalankan dengan menggunakan DataAdapter. Kali ini saya menggunakan contoh database SQLServer 2005 Express sebagai enginenya. Penasaran caranya, ini ada sedikit tutorial yang bisa di download.

Ini Link Downloadnya, semoga bermanfaat.

No comments:

WEB HOSTING