Tuesday, July 13, 2010

Test Bench Pada Visual Studio

OOP atau Object Oriented Programming, adalah sebuah paradigma yang telah digunakan dalam banyak programmer saat ini untuk mengembangnkan aplikasi mereka. Dengan teknin OOP ini, programmer memecah aplikasi mereka menjadi class-class yang lebih kecil yang berfungsi untuk mengatur detil fungsi aplikasi itu.
Misalnya sebuah aplikasi penjualan, dalam aplikasi itu bisa terdapat class PembelianBarang, class UpdateStokBarang, class BayarPembelian dan masih banyak lagi.

Yang dimaksud dengan class disini adalah coding Logic (proses perhitungan, query database, dll) yang tidak diletakkan satu file class dengan User Interface (Tampilan Form). Dengan teknik ini, jika terjadi perubahan logic, maka kita cukup merubah class ini saja, tanpa merubah Form yang telah kita buat.

Permasalahan yang timbul dari hal ini adalah, bagaimana kita bisa melakukan proses testing apakah class-class tersebut telah berfungsi dengan baik atau belum ???
Apakah kita harus membuat terlebih dahulu Form-form untuk melakukan testing dari class-class tadi.
Ahhh,, terlalu lama,, belum kalau nanti ada kesalahan lagi pada class tersebut.

Nah, untuk mengatasi hal, maka kita bisa memanfaatkan fitur Test Bench yang disediakan oleh Visual Studio. Dengan fitur ini, kita bisa melakukan testing untuk tiap class (dan method-method yang ada didalamnya) dengan mudah.
Langkah-langkah untuk melakukan Test Bench adalah sebagai berikut :

1. Tambahkan item baru pada project yang telah anda buat, pilih object yang bernama class diagram



Setelah itu, akan muncul windows kosong pada project anda. Untuk melakukan penambahan class ke dalam diagram ini cukup drag class yang dinginkan, dan drop ke dalam windows tadi.

2. Setelah anda melakukan langkah 1, maka akan tampak di dalam diagram tersebut sebuah entity baru yang memiliki nama seperti class yang anda pilih tadi.



3. Setelah langkah 2 maka, anda bisa menjalankan class tersebut dengan cara, klik kanan pada entity tadi, kemudian pilih CreateInstance.



pilih SqlData() <--- sesuai dengan nama class anda.

4. Setelah itu anda akan diminta untuk memberikan nama pada instance tersebut. Trus kita Lihat window Object Test Bench (biasanya terdapat pada bagian bawah Visual Studio), anda akan melihat object dengan nama yang telah anda berikan tadi. Setelah itu, pilih method yang akan anda uji coba. Selamat Mencoba.

No comments:

WEB HOSTING